Untuk Layanan Jamaah Haji Yang Lebih Baik



Untuk Layanan Jamaah Haji Yang Lebih Baik
    Ada yang beda dengan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. Dalam berbagai evaluasi dalam penyelenggaraanya, ibadah haji tahun ini harus lebih baik dari sebelumnya. Panitia telah berusaha memperbaiki sistem untuk menjadi lebih baik dari tahun lalu.
    Perbaiki dalam penyelenggaraan ibadah haji ini mulai dilakukan sejak pendaftaran, pelunasan, pemberangkatan, pemondokan, perjalanan haji di Arab Saudi, sampai pemulangan ke Indonesia.    Semua dilakukan untuk meningkatkan layanan pada jamaah haji Indonesia.
    Ada banyak peningkatan layanan yang diberikan pada jamaah haji tahun ini. Layanan-layanan ini bukan hanya dari PPIH(Panitia Penyelenggara Ibadah Haji), tetapi juga diberikan oleh pihak swasta. Layanan yang berasal dari kita seperti katering, pemondokan di Arab Saudi, juga pelaksanaan ibadah haji sendiri, baik itu administratif maupun embarkasi di Indonesia.
    Beberapa layanan yang saya pikir patut diapresiasi adalah masalah katering, transportasi, dan telekomunikasi jamaah haji, Dalam layanan penyediaan katering, tahun ini ada kombinasi antara prasmanan dan makanan boks. Makanan yang disediakan dalam bentuk boks, merupakan antisipasi dari banyaknya jamaah haji usia lanjut. Tahun ini, harus diakui jamaah haji banyak yang telah lanjut usia.
    Layanan makanan boks ini adalah untuk antisipasi agar jamaah lanjut usia tetap mendapatkan makanan yang jadi haknya. Sebab, sering kali jamaah yang sudah tua kalah berebut makanan dengan jamaah lain yang lebih muda ketika prasmanan. Meskipun ada variasi layanan makanan boks, namun kita pastikan standar menu, rasa dan kualitasnya tetap sama. Bahkan, untuk semua makanan kita buat standar yang sama. Tidak ada makanan yang basi.
    Selain katering yang variasi, jamaah juga mendapat layanan transportasi. Selama di Arab Saudi, untuk mengangkut jamaah dari pemondokan ke masjid telah disediakan bus. Bus tersebut dipasang bendera negara masing-masing jamaah. Jadi, bus tersebut  hanya boleh ditumpangi oleh negara asal bendera tersebut dipasang. Namun, pada H-7 samapai H-5, bendera akan dilepas dan dapat dinaiki oleh siapa saja. Sebab, pada waktu itu menjadi puncak haji.
Selama di Arab Saudi, jamaah juga tidak perlu khawatir untuk berkomunikasi karena banyak  perusahaan penyedia jasa telekomunikasi asal Indonesia telah menyediakan layanan khusus bagi jamaah. Kita sudah meminta pada provider telekomunikasi untuk memberi kemudahan bagi jamaah haji selama di Arab Saudi.
Jamaah tidak perlu membeli kartu lokal Arab Saudi untuk terhubung dengan keluarga di Indonesia. Hanya perlu mengaktifkan layanan yang disediakan provider maka jamaah bisa tetap menggunakan nomor lamanya untuk sarana telekomunikasi di Arab Saudi. Bahkan, untuk membeli pulsa jamaah tinggal mengirimkan pesan singkat(SMS) saja ke call center yang kita sediakan, yaitu 500 HJ. Kita yang akan mengisikan pulsa jamaah.
Dengan perbaikan layanan untuk jamaah tahun ini akan menjadi momentum perbaikan penyelenggara ibadah haji selanjutnya. Prioritas PPHI adalah kenyamanan jamaah untuk menyelenggarajan ibadah haji yang lebih nyaman dan aman. Dengan begitu,jamaah dapat menjalankan ibadah haji dengan lebih khusyuk lagi. 


Responses

0 Respones to "Untuk Layanan Jamaah Haji Yang Lebih Baik"

Posting Komentar

 

Recent Comments

Popular Posts

Return to top of page Copyright © 2010 | Biro Umroh Dan Haji Converted into Blogger Template by HackTutors