Setoran Awal Haji Naik



Setoran Awal Haji Naik

    JAKARTA – Setoran awal ibadah haji bakal dinaikan tahun depan. Ini untuk mengantisipasi antrean daftar tunggu agar tidak makin panjang. “ Kemungkinan tiap tahun ada kenaikan, “tutur menteri Agama. Auryadharma Ali, Di Bandara Soekarno-Hatta.
    Pada 2012, setoran awal ibadah haji Rp 25 juta, sedangkan tahun sebelumnya Rp 20 juta, tahun depan, kata menteri kemungkinan Rp 30 juta, mulai januari 2013. “Kenaikan ini untuk menekan pendaftar dan menyelesaikan antrean panjang, “katanya.
    Keuntungan lain dari kenaikan itu, sebut Menag, jika setoran awal makin besar, pengelolaan dana haji bisa memberi nilai manfaat dari bunga bank yang juga besar pada jumlah subsidi bagi para jamaah haji. Saat ini pelunasan pun jamaah pun merasa tak berat.
    Dia menuturkan, tahun depan biaya perubahan pasti naik lagi karena nilainya tak pernah konstan apalagi turun. Selama ini, pemberian subsidi diberikan dari rekening dana setoran awal jamaah. Manfaat pun diberikan buat peningkatan kualitas layanan.
    Misalnya, jatah pemondaokan sebesar 4.300 Riyal sebagian ditanggung subsidi, tahun sebelumnya per orang disubsidi 550 riyal, pada 2012 menjadi 1.119 riyal per orang, subsidi juga diperuntukan membayar general service fee atau biaya tambahan di bandara maupun fasilitas umum senilai 277 dolar AS.
    Menag menyatakan, kemampuan subsidi juga meningkat. Pada 2011, subsidi sebesar 63 persen, pada 2011-2012 bisa menjadi 100 persen atau  204 ribu jamaah. Per orang disubsidi Rp 8.4 juta. “Artinya, pengelolaan keungangan membaik, “ujarnya.
    Menag juga mengatakan, akan mengevaluasi perizinan bank penerima setoran (BPS) yang menawarkan dana talangan ibadah haji. Itu karena banyak kerugian yang ditimbulkan bagi manajemen penyelenggara. Padahal, jika ingin berhaji dan tak punya uang, tak boleh utang, istito’ah. Harus mampu secara fisik dan materi, jelasnya.
    Dia mengatakan saat ini tengah mengumpulkan sejumlah bahan penguat untuk membahas masalah tersebut. Evaluasi maupun tindak lanjutnya dilakukan sesuai pelaksanaan ibadah haji 1433 H.
    Menag mengaku, tidak ragu untuk menindak mesti bersebrangan dengan kementerian terkait lainnya. “Tak masalah dengan kerja sama perbankan. Ini khusus BPS, jangan hanya dilihat aspek bisnisnya, tapi juga fikihnya. “tuturnya. BPS, kata dia, beda dengan yang lain.

Oleh- indah wulandari


Responses

0 Respones to "Setoran Awal Haji Naik"

Posting Komentar

 

Recent Comments

Popular Posts

Return to top of page Copyright © 2010 | Biro Umroh Dan Haji Converted into Blogger Template by HackTutors