Koronavirus Sulit Menyebar



Koronavirus Sulit Menyebar
Gejala koronona virus sama dengan flu biasa
Madinah- peringata Kementrian Kesehatan Arab Saudi sosial koronavirus patut diwaspadai. Namun, Kabid Kesehatan Misi Indonesia Azimal Zainal Zein mengimbau agar penyebaran virus ini tidak perlu dicemaskan. Dan dia menyarankan jamaah haji untuk menjaga asupan gizi, mengonsumsi vitamin, dan beristirahat yang cukup. Ini karena para jamaah juga rawan mengalami kelelahan yang berpotensi menurunkan daya tahan tubuh. Pesan serupa disampaikan Kepala Seksi Kesehatan Daerah Kera (Daker) Makkah Muhammad Ilyas. Ia mengimbau jamaah utnuk tak terlalu resah terhadap penyebaran koronavirus. “Bulatkan saja niat untuk berhaji, insya Allah tak akan ada apa-apa,” ujar dia seperti dilaporkan wartawan Republika, Heri Ruslan, dari Makkah.
Biasanya pemerintah Arab Saudi sangat sensitif terhadap isu seperti ini dan mereka akan cepat memberi tahu Misi Haji Indonesia. Ilyas mengimbau, agar jamaah haji Indonesia menjaga stamina dan kesehatan sejak di Tanah Air. Ia pun mengimbau agar jamaah yang akan terbang ke Tanah Suci membatasi aktivitas sehingga tak kelelahan. Selain itu, ketika di Tanah Suci, jamaah haji diimbau untuk mengenakan masker sat berpergian. Masker itu mesti diganti secara teratur. Jamaah juga diminta untuk mencuci tangan secara teratur. Jamaah diingatkan untuk banyak minum air putih  dan mengonsumsi buah-buahan yang mengandug vitamin C.
Sebelumnya, laman Arab News melansir laporan Kementerian Kesehatan Arab Saudi yang mensapati tiga orang pasien terjangkit koronavirus, sejenis virus influenza. Dilaporkan bahwa dua dari tiga orang itu meninggal dunia dan seorang lagi masih dirawat. Virus ini menyerupai virus SARS (sindrom pernapasan akut berat) yang pernah menghebohkan dunia pada 2002-2003.
Dokter Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Soekarno-Hatta Linda Anggraini mengatakan, jika calhaj atau seseorang mengalami gejala layaknya flu, maka segera memeriksakan diri ke dokter.
Oleh : Natalia Endah Hapsari
Sumber : Republika


Responses

0 Respones to "Koronavirus Sulit Menyebar"

Posting Komentar

 

Recent Comments

Popular Posts

Return to top of page Copyright © 2010 | Biro Umroh Dan Haji Converted into Blogger Template by HackTutors