Carilah Bekal Riyal di Tanah Air



Carilah Bekal Riyal di Tanah Air
Para calon jamaah haji (calhaj) dsarankan agar menukarkan uang saku ke dalam mata uang riyal selagi di Tanah Air. Sebab, untuk mendapatkan  uang pecahan nominal kecil di Tanah Suci, cenderung sulit. Pegawaipenukaran mata uang yang tergabung dalam Koperasi Karyawan Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Fikri Hidayat mengatakan, bila sanya money changer atau tempat penukaran uang di Arab Saudi, terlebih saat musim haji, selalu ramai. “Sehingga lebih baik menyiapkan pecahan riyal dari sini” tuturnya kepada republika di depan gedung D4 Asrama Haji, tempat calhaj menginap.
Tarif penukaran mata uang riyal yang berlaku di semua tempat penukaran riyal di Asrama Haji Jakarta ialah sama, yaitu Rp. 3.050 per satu riyal. Fikri mengakui, bahwa nilai tukar riyal yang berlaku saat ini berada di angka Rp. 2.600-an per satu riyal. Calhaj memang bisa menukarkan uang money changer di luar asrama haji dengan kurs atau harga riyal terhadap rupiah yang lebih rendah. Namun, Fikri mengingatkan bahwa saat puncak haji semakin dekat, nilai tukar riyal di luar semakin tinggi.
Umumnya, kata Fikri, calhaj menukarkan riyal sekitar Rp. 100 ribu hingga Rp. 300 ribu per orang. Untuk mendapatkan banyaknya stok uang riyal yang diperlukan tersebut, money changer di Jakarta membelinya dari bank dan ada juga yang menitip lewat pramugari yang menjalani rute Indonesia-Arab Saudi.
Namun, beberapa calhaj ada juga yang menyatakan keengganannya menukarkan riyal di lingkungan asrama. “Terlalu mahal. Tapi kan saya tetap butuh uang receh untuk di tanah suci nanti.” Tutur seorang calhaj asal DKI Jakarta. Sementara itu, beberapa calhaj lainnya mengatakan, bila menukar riyal di luar Asrama Haji Pondok Gede, bisa mendapatkan kurs yang lebih murah. , sekitar 2.700m per satu riyal. Ada pula calhaj lain Harno yang menyatakan komentar lainnya. Menurutnya, tidak perlu pula calhaj menukarkan riyal di Tanah Air. “Bila kita berbelanja di sana, kan ada kembaliannya,” ujar calhaj asal kebayoran Jaksel.
Sementara itu, pegawai penukaran uang lainnya yang bertugas di lingkungan asrama haji, Erik, menutarakan pendapatnya mengenai tarif penukaran riyal yang sedikit lebih mahal di banding di luar ini.
Terlebih banyak pula calhaj yang baru pertama kali menunaikan ibadah haji sehingga keberadaan penukaran riyal di lingkungan asrama haji akan lebih memudahkan jamaah.
Oleh : Rahmad Budi Harto
Sumber : Republika


Responses

0 Respones to "Carilah Bekal Riyal di Tanah Air"

Poskan Komentar

 

Recent Comments

Popular Posts

Return to top of page Copyright © 2010 | Biro Umroh Dan Haji Converted into Blogger Template by HackTutors