Jamaah Risty DIY 644 Orang



Jamaah Risty DIY 644 Orang
Jamaah risti akan dibantu tenaga haji yang usianya masih muda.
YOGYAKARTA- Sebanyak 3.078 calon jamaah haji asal Daerah Istimewa Yogyakarta bakal diberangkatkan ke Tanah Suci pada musim haji 2012 ini. Menurut Kepala Kantor Kementrian Agama DIY Maskul, calhaj dari DIY akan diberangkatkan dalam sembilan kloter dan 644 orang di antaranya atau 20% berusia di atas 61 tahun dan masuk jamaah risiko tinggi (risti). 
Calon jamaah haji yang paling tua, Sumirah, berusia 92 tahun lima bulan dan yang paling Muda Maya Amalia berusia 18 tahun empat bulan.  Maskul mengkui, jumlah jamaah haji dari DIY yang risti  dari tahun ke tahun semakin banyak. Setiap kloter akan didampingi enam sampai delapan petugas.  Para jamaah haji yang risti akan terus diawasi. Jangan sampai dalam perjalanan kesehatannya menurun. Cek terakhir kesehatan terakhir di Embarkasi Bandara Adisumarmo Solo, Jawa Tengah. Bila mereka belum bisa diberangkatkan karena masalah kesehatan maka akan diikutkan pada kloter berikutnya.
Ketua kafillah DIY Untung, Sukaryadi mengatakan, dengan banyaknya jamaah haji  yang berisiko tinggi yang dilakukan adalah memperkuat tim medisnya. Sementara itu, Gubernur DIY Sultan Hameng Kubowono X berpesan agar warga tidak menggunakan harta haram untuk membiayai naik haji. “Apabila mau menunaika haji jangan menggunakan harta haram. Kareba kalau beribadah haji menggunakan harta  haram tidak sah,” kata Sultan dalam sambutan pamitan calon jamaah haji DIY di Bangsal Kepatihan.
TERMUDA
    Dalam acara itu, Sultan menyalami satu persatu calhaj DIY. Salah satu diantaranya Maya Amalia yang tampak berseri-seri seusai bersalaman dengan Sultan. Maya merupakan salah satu calan jamaah haji dari DIY yang termuda.  Maya berniat untuk menunaikan ibadah haji sudah sejak lulus SMP. “Kebetulan ibu saya menawari dan akan membiayainya,” ungkap dia. Hal itu dibenarkan oleh Thoyyibah. Karena untuk menunaikan hajicmasih panjang antreannya maka dia mendaftrakan diri dan anaknya untuk bisa menunaikan ibadah haji sejak 2009. “Alhadulillah tahun 2012 dapat kursi untuk menunaikan haji dabn insya Allah tahun ini kami bisa berangkat berdua,” tutur ibu dari dua anak ini. Anak pertama juga sudah menunaikan ibadah haji dan sekarang menjadi dokter di RS Hidayatullah Yogyakarta. Maya mengaku,sejak didaftarkan oleh ibunya untuk beribadah haji, dia mulai mempersiapkan fisik dan mentalnya. “Saya bergharap setelah menunaikan ibadah haji bisa lebih baik dari hari ini dan sebelumnya serta Insya Allah menjadi haji mabrur,” tutur mahasiswa semester kedua STIKES Asiyah ini. Seperti harapan jamah haji lain, selama di Makkah Maya berkeinginan untuk bisa mencium hajar aswad  dan berdo’a di tempat-tempat yang mustajab.
Oleh: Neni Ridarineni
Sumber : Republika


Responses

0 Respones to "Jamaah Risty DIY 644 Orang"

Posting Komentar

 

Recent Comments

Popular Posts

Return to top of page Copyright © 2010 | Biro Umroh Dan Haji Converted into Blogger Template by HackTutors