Minum Air Talang Ka’Bah



Minum Air Talang Ka’Bah
   
    Tanya:
    Saya Mendengar bahwa hanya sedikit orang yang bisa meminum air talang ka’bah dan mendapat keberkahan, benarkah demikina? Dan talang Ka’bah  itu berada di dinding sebelah mana, ya?

Reza Apriantono, Surabaya 

    Jawab:
    Alhamdullilah, sebelumnya saya sampaikan salam yang terbaik, salam kepada malaikat kepada penghuni  surga. Assalamualaikum  warahmatullahi wabarakatuh.
    Dinding Ka’bah disebut juga dengan rukun-rukun atau sudut-sudut pertama. Pertama rukun aswad, yakni yang terdapat batu hajar aswad. Kedua, rukun Iraqi, dinamakan demikian karena menghadap ke arah irak. Rukun ini dinamakan pula dengan rukun syimali karena menghadap utara. Di antara rukun iraqi dan Rukun aswad terdapat pintu Ka’bah dan Multazam.
    Ketiga adalah rukun syami. Dinamakan demikian karena menghadap ke arah syam dan maghrib. Rukun ini disebut pula dengan rukun maghribi (sudut barat), di antara rukun syami dan rukun iraq terdapat talang Ka’bah yang menghadap  dengan Hijil Ismail. Keempat adalah rukun Yamani, yaitu sudut Ka’bah yang menghadap ke barat daya. Dulu nabi SAW melakukan istilam padanya sewaktu tawaf, lalu menyapunya dengan tangan tanpa menciumnya, dan tidak mencium tangannya setelah istilam.
    Talang yang terbuat dari emas yaitu tempat saluran air hujan yang turun di atas kepala Ka’bah. Letaknya diantara rukun syami dan rukun iraq. Di dalam akhbar Makkah melalui isnad yang shahih, al Azraqi meriwayatkan dari ibnu abbas, “Shalatlah kalian di tempat shalat orang-orang pilihan dan minumlah dari minuman orang yang taat. “Seorang bertanya kepadanya. “Apa itu tempat shalat orang-orang pilihan? “Dia menjawab, “Di bawah talang. “Lantas, Apa itu minuman orang-orang yang taat? “Dia mnejawab, “Air Zamzam. “
    Yang perlu diperhatikan sebagai catatan penting adalah ibnu abbas menafsirkan minuman orang-orang yang taat adalah air Zamzam, bukan seperti yang dikira oleh sebagian kalangan awam. Semoga Allah memberi petunjuk kepada mereka yang berusaha keras untuk memin8um air hujan yang turun dari talang Ka’bah.
    Tidaklah lebih baik dari yang berbicara ataupun yang mendengarkan karena yang lebih baik di sisi allah adalah yang mengamalkan.

    Wassalamualaikum wr wb.


Responses

0 Respones to "Minum Air Talang Ka’Bah"

Posting Komentar

 

Recent Comments

Popular Posts

Return to top of page Copyright © 2010 | Biro Umroh Dan Haji Converted into Blogger Template by HackTutors