Jamaah Rawan tersesat Di Mina



Jamaah Rawan tersesat Di Mina

    MADINAH – Dalam pelaksanaan puncak ibadah haji usai wukuf di arafah yang akan digelar pekan depan, jamaah akan menginap di tenda-tenda yang di dirikan di mina untuk persiaoan jamarat. Karena lokasi dari tenda di Mina ke jemarat cukup jauh, jamaah rawan tersesat di kawasan Mina.
    “Ini karena jangkauan dari tenda ke jamarat yang cukup jauh sehingga jamaah sering berhenti di pos-pos yang ada di Mina, ujar kepala daerah kerja madinah Akhmad Jauhari.
    Kendati Begitu, jauhari memastikan petugas haji akan mengantarkan jamaah yang mengalami kesulitan untuk kembali ke tenda-tendanya. Seluruh armada kendaraan, seperti mobil dan sepeda motor, akan dikerahkan untuk mengantarkan jamaah yang tersesat atau kelelahan untuk kembali ke pemondokan.
    Wilayah Mina yang menjadi lokasi tugas para petugas Madinah memang cukup luas sehingga ada beberapa pos penjagaan yang disiapkan di sana, seperti pos muassim 1, 2, dan 3 serta pos jamarat 1, 2, dan 3. “Medan di wilayah Mina memang cukup berat, apalagi, seluruh jamaah berdatangan dalam waktu bersamaan. Semuanya berkumpul dalam tempat terbatas dengan jarak tenda dan jamarat yang cukup jauh, Lanjut Jauhari.
    Untuk itulah, daerah kerja madinah juga telah mempersiapkan tim-tim khusus untuk menyambut jamaah serta menempatkan petugas di sejumlah pos yang telah ditentukan, jamaah juga diimbau agar mewaspadai kemungkinan terjadinya kejahatan yang mungkin menimpa. Karena itu, jamaah sebaiknya bepergian secara berkelompok. Petugas akan diarahkan untuk mobilitas jamaah dari tenda ke jamarat serta menentukan rute agar jamaah tidak keluar jalur dan tersesat, “tambah jauhari.
    Kepala Satuan Operasi Arafah Muzdalifah Mina (Afmina) Abu Haris mengatakan, ada sekitar 70 makhtab di Mina yang disediakan untuk jamaah, Haris memastikan, petugas akan berkeliling untuk mengecek kedatangan jamaah di kawasan tersebut, selain itu, menjelang puncak haji mendatang, jamaah diminta mempersiapkan fisik dengan baik, misalnya, dengan beristirahat yang cukup, menjaga stamina, dan memastikan fisik dalam kondisi baik.

Oleh-Natalie Ebdah Hapsari


Responses

0 Respones to "Jamaah Rawan tersesat Di Mina"

Posting Komentar

 

Recent Comments

Popular Posts

Return to top of page Copyright © 2010 | Biro Umroh Dan Haji Converted into Blogger Template by HackTutors