Banyak Jamaah Wafat Akibat Kelelahan



Banyak Jamaah Wafat Akibat Kelelahan
MAKKAH- Jamaah haji Indonesia yang wafat di Tanah Suci sampai Senin(15/10) siang telah mencapai 49 orang. 28 diantaranya wafat di Kota Makkah. Menurut Kepala Seksi Kesehatan Daerah Kerja Makkah dr Muh Ilyas Ambo Tuwo, sebanyak 55% dari jamaah yang wafat itu meninggal di pemondokan dan Masjidil Haram.
Menurut dia, sebanyak 30 persen jamaah yang wafat di Tanah Suci dipicu faktor kelelahan. Ilyas menyerukan perlunya upaya pencegahan agar tidak jatuh korban. Menurut dia jamaah yang dirujuk ke Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) di Makkah sebanyak 75 persen mengalami kelelahan dan kekurangan cairan. Terutama pada jamaah yang sudah sepuh atau lanjut usia. Menurut Ilyas, manusia yang berumur 60 tahun keatas biasanya sensor lapar dan hausnya sudah sangat berkurang sehingga mereka tak sadar sudah dalam kondisi payah.
Menjelang Puncak Haji , Ilyas menghimbau jamaah agar menjaga kondisi kesehatan dan stamina tubuh dengan memperbanyak minum air putih, terutama air zamzam. “Di Tanah Suci ini ada Zamzam minuman yang komposisi mineralnya dapat mempertahankan aktivitas sel.” Jamaah juga disarankan untuk mengkonsumsi tiga hingga lima butir kurma setiap tiga kali sehari. Kurma sangat cocok bagi jamaah lanjut usia yang susah makan karena mengandung kalori yang bisa memenuhi kebutuhan tubuh. “ Jamaah juga perlu mengkonsumsi buah-buahan, seperti apel, jeruk, pisang, sunkis dan lainnya.”Ucap Ilyas.
Dari data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu(Siskohat), penyebab kematian jamaah itu bervariasi, seperti penyakit gangguan sistem saraf, pencernaan, pernafasan hingga ada yang mengalami trauma, keracunan serta infeksi. Kaskus terbanyak adalah gangguan sistem sirkulasi atau gangguan sistem pernapasan.
Jumlah Jamaah  haji yang sudah mendapatakan layanan kesehatan di Tanah Suci Makkah sebanyak 5.462 orang dan masih 75 orang yang dirawat di BPHI Makkah. Di BPHI Madinah sendiri masih ada belasan pasien yang menjalani perawatan. Merekapun sedang disiapkan untuk dievakuasi ke Makkah dalam waktu dekat. Namun, meski jumlah jamaah lanjut usia lebnih banyak, berdasarkan data daerah kerja Makkah, Jamaah yang wafat per hari dikota Makkah masih tergolong masih cukup[ rendah dibandingkan tahun sebelumnya.


Responses

0 Respones to "Banyak Jamaah Wafat Akibat Kelelahan"

Posting Komentar

 

Recent Comments

Popular Posts

Return to top of page Copyright © 2010 | Biro Umroh Dan Haji Converted into Blogger Template by HackTutors